Bola  

2 Laga Terakhir Kualifikasi Piala Bumi 2026 yang Ingin Dimenangi Anak Asuh Shin Tae-yong

2 Laga Terakhir Kualifikasi Piala Bumi 2026 yang Ingin Dimenangi Anak Asuh Shin Tae-yong

www.breaknews.web.id – Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menargetkan kemenangan pada dua laga penutup putaran kedua kualifikasi Piala Bumi 2026 zona Asia Grup F ketika melawan Irak pada 6 Juni juga melawan Filipina pada 11 Juni mendatang.

Dua laga yang dimaksud akan dimainkan dengan status tuan rumah itu, Indonesia hanya sekali membutuhkan satu kemenangan atau tiga poin untuk lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Planet 2026. Pelatih jika Korea Selatan yang dimaksud dengan tegas ingin mengungguli dua laga melawan Irak dan juga Filipina. 

Tim Garuda dijadwalkan menghadapi Irak pada 6 Juni 2024 di tempat Stadion Utama Gelora Bung Karno. Kemudian, lima hari berselang tepatnya pada 11 Juni mereka itu akan menghadapi Filipina pada stadion yang digunakan sama. 

Berbicara mengenai kesempatan Indonesia meraih kemenangan pada dua laga tersebut, Irak merupakan lawan yang digunakan terpencil lebih tinggi berat. Bukan semata dari sudut peringkat FIFA lebih besar tinggi, Irak yang mana pada waktu ini berperingkat 59 dalam dunia atau ketujuh di tempat Asia, juga miliki riwayat bagus kala menghadapi Indonesia.

Dominasi Irak terhadap Indonesia dapat dilihat sejak 50 tahun yang digunakan lalu. Bahkan, pada delapan pertemuan terakhir antara Irak kemudian Indonesia, kelompok Timur Tengah itu sudah ada tujuh kali mengalahkan Indonesia. Catatan terbaik Indonesia kala melawan Irak adalah ketika mengimbangi mereka itu 1-1 pada pertandingan kualifikasi Piala Planet 1974, yang tersebut dilangsungkan pada Sydney, Australia, pada 16 Maret 1973.

Kabar baiknya, kedelapan pertandingan itu tak pernah diadakan di tempat Indonesia. Jadi, konferensi 6 Juni nanti menjadi insiden pertama Timnas Indonesia menghadapi Irak di dalam kandang sendiri, di tempat Indonesia. Apalagi, peluang balas dendam akan kentara setelahnya Irak menghapus harapan Indonesia untuk melaju ke Olimpiade Paris 2024 setelahnya kalah pada fase perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024. 

Selain itu, dukungan fanatik beratus-ratus ribu penonton dalam Gelora Bung Karno sanggup menjadi energi tambahan yang mana hebat bagi Garuda untuk menaklukkan Irak. Ini adalah bisa saja menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk mengalahkan Irak. 

Seandainya Garuda bisa jadi membalas kekalahan dari Irak di pertandingan kualifikasi Piala Global 2026 pada 16 November 2023, dan juga juga pertandingan Piala Asia 2023 pada 15 Januari 2024, maka Garuda lolos ke sesi ketiga, tak peduli Vietnam menang menghadapi Filipina. Jika lolos, Indonesia juga akan otomatis mendapat tiket Piala Asia 2027. 

Jika Irak bisa jadi dikalahkan, maka seharusnya tak akan sulit menundukkan Filipina pada laga pamungkas Garuda di putaran kedua kualifikasi Piala Bumi 2026 zona Asia ini. Filipina cuma menang satu kali pada 26 pertandingan melawan Indonesia sejak kedua kelompok pertama kali berhadapan pada 30 Mei 1958. 20 dari 26 pertandingan itu dimenangkan oleh Garuda.

Jika lolos ke putaran ketiga kualifikasi, Timnas Indonesia akan bergabung dengan 17 kelompok Asia lainnya dari sembilan grup zona Asia. Indonesia akan berebut enam tiket dengan segera ke putaran final Piala Bumi 2026, yang mana akan dilakukan di dalam tiga negara Amerika Utara, yakni Amerika Serikat, Kanada, serta Meksiko.

Selain itu, apabila gagal merebut enam tiket dengan segera ke Piala Dunia, Timnas Indonesia masih dapat mendapatkan dua tiket dengan segera tersisa pada sesi keempat bersatu lima kelompok lainnya. Jika ini sulit digapai, masih ada fase kelima untuk bertarung memperebutkan tiket inter-kontinental.

ANANDA RIDHO SULISTYA  | NURDIN SALEH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *