Tekno  

7 Fakta Pulau Natuna, Alamnya Kaya Destinasi Wisatanya Juara

7 Fakta Pulau Natuna, Alamnya Kaya Destinasi Wisatanya Juara

www.breaknews.web.id – Jakarta – Natuna merupakan satu dari sekian pulau terluar Indonesia yang mana berhasil menarik perhatian wisatawan internasional untuk bertandang. Wilayah Natuna dikenal dikarenakan sumber daya alamnya yang tersebut kaya. Dilansir dari berbagai sumber inilah 7 fakta unik Pulau Natuna: 

1. Identik dengan Batu Kasah yang digunakan Mewarnai Bibir Pantai

Dilansir dari dinaspariwisata.natunakab.go.id, hal pertama yang tersebut akan menyambut para wisatawan pada waktu sampai di dalam Pulau Natuna yakni bebatuan kasah yang ada di area bibir pantai. Batu kasah itulah ciri khas Pulau Natuna yang dimaksud pada 2020 lalu berhasil masuk kategori Destinasi Wisata Baru oleh Anugerah Pesona Indonesia (API).

2. Memiliki Pusat Konservasi Penyu juga Wisata Edukasi 

Wilayah Natuna bisa jadi dikatakan masih ‘remaja’ dibuktikan dengan adanya Pulau Senua yang tersebut merupakan bagian dari Natuna. Melansir berhadapan dengan kemenparekraf.go.id, Pulau Senua dikenal sebagai island hopping oleh sebab itu tempat yang tersebut baik bagi perkembangbiakan penyu, biota laut lain, dan juga terdapat wisata edukasi. Tak heran pulau ini disebut surga bagi biota laut.

3. Status Kesejahteraan Terumbu Karang Kategori Sedang

Terumbu karang golongan Acropora, Non Acropora, sponge, soft coral, rumput laut, hingga spesies lain yang mana mendiami karang di dalam laut Natuna oleh umrah.ac.id, dilaporkan di kondisi baik. Hal ini lantaran mendapat pasokan cahaya matahari, oksigen, dan juga sedimen yang digunakan cukup untuk hidup.

4. Terpilih Menjadi Lokasi Syuting Film “Jelita Sejuba”

Film “Jelita Sejuba” mengisahkan kisah cinta prajurit TNI dengan warga lokal Natuna yang tersebut kerap terpisah lantaran tugas negara. Diacu dari laman Antara, selama syuting berbagai mengambil spot-spot juga budaya Natuna untuk diperkenalkan terhadap khalayak umum. Natuna pun semakin dikenal oleh publik Indonesia.

5. Kehidupan Nelayan yang digunakan Masih Nomaden

Berdasarkan sumber yang sama, penduduk Natuna yang mana bermatapencaharian sebagai nelayan masih menerapkan pola nomaden guna mendapat hasil tangkapan yang lebih tinggi banyak. Mereka tak pernah merasa sendirian dikarenakan terdapat puluhan perahu nelayan lain yang tersebut juga terlibat berburu.

6. Memiliki Sejumlah Rumah Kuno sebagai Cagar Budaya

Rumah Datuk Kaya Suan, Datuk Kaya Wan Mohamad Benteng, Besu Wan Mansyur Kelarik, sudah ada ditetapkan menjadi cagar budaya. Melansir melawan rri.co.id, dalam sepanjang jalan menuju pantai, wisatawan juga dapat mengamati keunikan bangunan tersebut.

7. Menyimpan Gas Alam Cair Terbesar pada Dunia

Dilansir dari datatempo.co, laut Natuna menyimpan gas alam cair terbesar di area dunia yang dimaksud menyebabkan Indonesia menghimpun pundi-pundi hasil eksplor gas alam yang digunakan mencapai 2.3 miliyar dolar US. Artinya 10 persen dari devisa negara disumbang oleh alam Natuna hingga detik ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *