Travel  

Berkunjung ke Air Terjun Kanto Lampo, Wisata Alam Hits yang dimaksud Instagramable di dalam Gianyar Bali

Berkunjung ke Air Terjun Kanto Lampo, Wisata Alam Hits yang mana dimaksud Instagramable di area pada Gianyar Bali

www.breaknews.web.id – Gianyar – Tersembunyi di area sedang hutan dalam wilayah Ubud, air terjun Kanto Lampo jadi salah satu tempat menarik yang mana tak boleh dilewatkan pada waktu berkunjung ke Bali. Destinasi wisata air terjun dengan sejumlah cabang yang mengalir menuruni formasi batu bertingkat ini menyuguhkan pemandangan yang tersebut menakjubkan.

Kanto Lampo Waterfall yang dimaksud telah terkenal di dalam kalangan turis lokal maupun asing yang disebutkan jadi tempat foto hits yang digunakan Instagrammable. Cocok bagi wisatawan penggemar fotografi juga wisata alam.

Penasaran seperti apa detail lokasi kemudian waktu terbaik untuk mengunjungi destinasi wisata hits yang tersebut satu ini? Berikut penjelasan selengkapnya.

Lokasi Air Terjun Kanto Lampo

Terletak dalam Desa Gianyar, tepatnya dalam Jalan Kaliasem Banjar Kelod Kangin, Beng, lokasi air terjun ini mudah dijangkau dengan berkendara sekitar 30 menit dari wilayah Ubud. Berbeda dengan air terjun lainnya di dalam Indonesia, pengunjung bukan perlu berjalan berjauhan ketika mendaki lalu trekking ke tempat yang digunakan satu ini. Setelah memasuki destinasi wisata Kanto Lampo, pada waktu kurang dari 15 menit, wisatawan akan sampai dalam lokasi air terjun. 

Gianyar Bali yang Instagrammable dan juga hits dalam kalangan turis asing, Jumat, 24 November 2023. (TEMPO/Intan Setiawanty)

Meski jaraknya tak terlalu jarak jauh dari pintu masuk, pengunjung harus masih waspada. Sebab untuk sampai ke tempat utama air terjun Kanto Lampo, jalurnya cukup curam dengan menuruni banyak anak tangga lalu bebatuan yang dimaksud terjal.

Sumber airnya tidak ada seperti air terjun lainnya di area wilayah Bali yang mana merupakan bendungan lalu air terjun ini benar-benar baru.

Waktu Terbaik Mengunjungi Air Terjun Kanto Lampo

Salah satu pemandu wisata bernama Rey mengungkap bahwa tempat wisata ini banyak dikunjungi pada Juli hingga Agustus, yakni bulan-bulan libur murid-murid sekolah. Saat hari libur internasional seperti Natal lalu tahun baru, turis asing juga memadati tempat ini. Karena itu, apabila ingin menjelajah dengan tenang, sebisa mungkin saja pastikan agar tidak ada datang ketika musim liburan.

Selain itu, Rey juga menjelaskan persoalan waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun ini. “Jam 11 itu momen yang paling bagus oleh sebab itu pada pada waktu yang disebutkan cahaya mulai memasuki air terjun,” tutur Rey terhadap Tempo di lokasi air terjun Kanto Lampo pada Sabtu, 25 November 2023.

Antre demi Foto Instagrammble

Mengunjungi tempat hits ini, para turis wajib antre dengan tertib agar bisa jadi berfoto di dalam spot terbaik di dalam air terjunnya. “Kalau pas selfie ngantre ini. Kalau enggak ngantre nanti mengambil gambarnya enggak bisa, malah berebutan. Kalau pas musim liburan biasanya orang antre sampai depan, satu kiloan,” tutur Rey.

Melihat antusias pengunjung yang mana tinggi, bagi yang digunakan ingin berkunjung disarankan untuk datang lebih banyak pagi. “Datangnya ke di tempat ini harus pagi-pagi, jam 7 pagi. Kalau high season itu jam 7 berangkat dari hotel nanti sampai di lokasi ini jam setengah 8 atau jam 8. Di jam segitu, antrenya sedikit cuma 2 sampai 3 orang. Kalau telah datang jam 11, misalnya jalan dari jam 9, sampai sininya ngantre lah begini, harus sabar,” ujar Rey.

Durasi Foto Dibatasi

Untuk menjaga ketertiban tempat foto hits tersebut, durasi foto yang dimaksud diambil oleh satu orang pengunjung juga harus dibatasi.Pembatasan ini diberlakukan agar semua pengunjung kebagian berfoto. Rata-rata, turis akan mendapatkan 3 foto dan juga 1 video untuk berpose dalam air terjun Kanto Lampo. Enggak sampai puas juga, tapi dibatasin. Ya jadi misalnya bikin 3 foto terus 1 video lalu next gitu,” tutur Rey.

Hal yang digunakan Harus Diperhatikan

Agar perjalanan menuju air terjun Kanto Lampo lancar, ada tips yang dimaksud bisa saja dihadiri oleh wisatawan. Misalnya, menghadirkan baju ganti atau baju renang, mengenakan sepatu (alas kaki yang tersebut nyaman) dikarenakan di dalam beberapa lokasi ada batu tajam, kemudian berhati-hati ketika menyeberangi bebatuan yang tersebut licin. Meski jadi lokasi hits, pastikan selalu untuk mengamati maps pada waktu berkunjung ke air terjun Kanto Lampo agar tak tersasar. 

INTAN SETIAWANTY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *