Travel  

Daftar 5 Kuliner Khas Negeri Uzbekistan

Daftar 5 Kuliner Khas Negeri Uzbekistan

www.breaknews.web.id – Jakarta – Tidak dapat dipungkiri, kuliner Uzbekistan begitu diminati sejumlah orang. Tidak cuma oleh penduduk lokal, tetapi juga oleh para wisatawan yang mengunjungi negeri tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima kuliner khas Uzbekistan, diantaranya:

1. Plov (pilaf)

Dikutip dari advantour.com, tak diragukan lagi daftar teratas hidangan tradisional Uzbekistan untuk dicoba adalah plov (pilaf). Begitu lezatnya plov Uzbekistan menyebabkan kuliner satu ini masuk pada Daftar Warisan Budaya Tak Benda UNESCO. Hidangan lezat yang mana terbuat dari daging, nasi, sayuran, serta rempah-rempah ini menjadi makanan pilihan untuk disajikan untuk para tamu. 

Setiap area di dalam Uzbekistan memiliki jenis plovnya masing-masing. Misalnya, plov Tashkent berbeda dengan plov Samarkand serta Khorezm. Diperkirakan ada lebih banyak dari 200 jenis plov di tempat negara ini, juga bahkan lebih besar banyak lagi resep keluarga. Metode memasak dan juga bahan-bahan khusus diturunkan dari ayah ke anak laki-laki lalu dari oshpaz (juru masak) ke siswa. Jenis yang mana paling terkenal adalah teahouse plov, walau yang digunakan paling enak dikatakan toi oshi (wedding plov) yang berisi buncis, kismis, telur puyuh, juga kazy (sosis daging kuda). 

2. Manty

Hidangan adonan Uzbek sangat beragam, namun pangsit daging kukus yang disebut manty (manti) menjadi favorit berbagai orang. Dengan adonannya yang mana lembut serta isiannya yang dimaksud berair, manty mengenyangkan kemudian memuaskan. 

Manty terdiri dari daging cincang halus yang mana dimasukkan ke di adonan tipis seperti dermis pangsit lalu dimasak dengan cara dikukus. Hidangan khas Uzbekistan yang tersebut satu ini mendapat pengaruh budaya dari China. 

Di Uzbekistan, manty dinikmati untuk makan siang atau makan malam, biasanya dengan krim asam, saus tomat, atau irisan bawang bombay segar. Seperti banyak masakan Uzbek lainnya, makanan ini secara tradisional dimakan dengan tangan. 

3. Samsa

Samsa (atau somsa, samosa) mengacu pada jenis kue gurih yang populer di masakan Asia Tengah. Anda dapat menganggapnya sebagai samosa India versi Uzbek.  

Dikutip dari willflyforfood.net, namun berbeda dengan samosa India yang digunakan digoreng, samsa di area Uzbekistan lalu Asia Tengah secara tradisional dipanggang pada oven. Biasanya berbentuk segitiga lalu diisi dengan campuran daging giling seperti daging domba, sapi, atau ayam, lemak ekor, juga rempah-rempah. Samsa daging adalah yang dimaksud paling umum tetapi Anda juga dapat menemukan versi lain seperti samsa kentang, labu, atau bawang. 

4. Lagman

Lagman merupakan hidangan terdiri dari mi dicampur dengan daging dan juga sayuran. Bahan ini bisa jadi dihidangkan sebagai sup dengan kaldu ringan atau digoreng dengan saus lengket yang tersebut disebut dengan kavurma lagman. Biasanya lagman dibuat dari komponen berbentuk daging sapi atau domba dan juga mi yang mana ditarik dengan tangan. Jangan sampai melewatkan untuk mencoba makanan ini pada waktu pada Uzbekistan. 

5. Mashkhurda

Masakan Uzbekistan tiada akan lengkap tanpa supnya yang digunakan lezat. Mashhurda adalah hidangan yang mana terbuat dari nasi, kacang hijau, kemudian sayuran yang dapat disajikan sebagai hidangan pertama atau kedua. Beberapa varian sup di dalam Uzbekistan kerap mengandung susu asam, tradisi yang digunakan berasal dari leluhur nomaden Turki, pendahulu publik Uzbekistan ketika ini. Selain Mashkhurda, beberapa sup tradisional Uzbekistan lainnya adalah Chuchvara kemudian Kuza Shurpa.

Pilihan editor: Piala Planet U-17 2023, Pelatih Inggris Berharap Para Pemain Petik Pelajaran Usai Dikalahkan Uzbekistan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *