Bola  

Final Piala Planet Antarklub 2023: Manchester City Sudah Siap Hadapi Gaya Permainan Fluminense

Final Piala Planet Antarklub 2023: Manchester City Sudah Siap Hadapi Gaya Permainan Fluminense

www.breaknews.web.id – TEMPO.CO, DKI Jakarta – Manchester City berambisi meraih penghargaan Piala Bumi Antarklub pertama ketika menghadapi Fluminense pada sesi final di dalam King Abdullah Sports City Stadium, Jeddah, Arab Saudi pada Sabtu, 23 Desember 2023, pukul 01.00 WIB. Manajer The Cityzens Pep Guardiola mengungkapkan sudah pernah mempelajari rekaman pertandingan Fluminense lantaran tidak ada terbiasa dengan gaya permainan klub dengan syarat Brasil tersebut.

Guardiola mendapatkan tantangan berat. Manchester City tak akan diperkuat striker utama, Erling Haaland. Ia melakukan perjalanan ke Arab Saudi meskipun melewatkan empat pertandingan terakhir City lantaran cedera.

Haaland absen pada waktu City menang 3-0 di tempat semifinal melawan Urawa Red Diamonds pada Selasa lalu. “Kami mencoba beberapa jam setelahnya pertandingan terakhir kami untuk mengawasi Fluminense sesering mungkin, mengawasi kualitas yang dimaksud mereka miliki,” kata Guardiola, diambil dari Reuters.

“Mereka punya lima, enam atau tujuh pemain berusia di area menghadapi 30 tahun sehingga itu berarti mereka dapat mengendalikan emosi merekan dengan sempurna,” ujar ahli berkebangsaan Spanyol tersebut. 

“Mereka memainkan gaya khas Brasil dari tahun 1970-an, 80-an dan juga 90-an. Banyak umpan-umpan pendek, kombinasi yang digunakan sangat bagus, tetapi juga menuntut secara fisik. Kami harus menyadari seberapa banyak merek berlari di tempat belakang bola, juga tangguh di menangani bola.”

“Cara bermain dia menuntut banyak usaha. Cara bermain merekan belum pernah kami hadapi sebelumnya. Mereka sejumlah bergerak dari sisi ke sisi, jadi kami harus memaksakan ritme kemudian permainan penguasaan bola kami semaksimal mungkin,” kata Guardiola lagi.

Manchester City mengalami kesulitan akhir-akhir ini. Mereka cuma meraih kemenangan satu dari enam pertandingan terakhir merek di area Premier League sehingga turun ke kedudukan keempat dalam klasemen Kompetisi Inggris. Namun, City tetap saja dianggap sebagai favorit untuk menjadi juara Piala Bumi Antarklub.

Guardiola menyatakan kunci kemenangan adalah mengendalikan emosi mereka. “Bagaimana Anda memainkan final Piala Bumi Antarklub tanpa emosi?” kata Guardiola. “Emosi itu ada, tergantung bagaimana Anda menanganinya. Itu tergantung berapa lama emosi itu tersimpan di pikiran Anda. Itu target besarnya di tempat final.”

Guardiola memberikan kesan terhadap para pemainnya bahwa meraih kemenangan trofi yang dimaksud adalah kesempatan sekali seumur hidup. “Para pemain sudah ada siap lalu tahu betapa pentingnya hal ini. Seperti yang tersebut saya katakan sebelumnya, betapa menyenangkannya berada dalam sini,” kata dia.

Adapun bek Manchester City Kyle Walker menyatakan kemenangan melawan Fluminense akan menjadi cara fantastis untuk mengakhiri satu tahun perjalanan tmnya setelahnya meraih kemenangan Kejuaraan Premier, Piala FA, Kejuaraan Champions dan juga Piala Super UEFA.

“Saya telah terjadi mengalami sejumlah pencapaian tertinggi pada karier, tetapi itu akan melengkapi apa yang tersebut kami lakukan musim lalu dengan mengungguli treble sebagai sekelompok pemain yang sudah pernah menghabiskan waktu bertahun-tahun bersama-sama bekerja menuju arah yang mana benar. Itu akan setara dengan salah satu pencapaian terbesar saya,” kata Walker.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *