Gihon Komunikasi Jarak Jauh (GHON) Anggarkan Capex Mata Uang Rupiah 171 Miliar pada Tahun 2024

Gihon Komunikasi Jarak Jauh (GHON) Anggarkan Capex Mata Uang Rupiah 171 Miliar pada Tahun 2024

www.breaknews.web.id – Sumber menara telekomunikasi PT Gihon Pertelekomunikasian Indonesia Tbk (GHON) berencana untuk menambah tower kemudian tenant pada tahun 2024. Selain itu, GHON juga akan mengembangkan bidang usaha fiber to the home. Untuk itu, GHON menyiapkan dana belanja modal atawa capital expenditure (capex) sebesar Simbol Rupiah 171 miliar dalam tahun depan.

Direktur Utama Gihon Pertelekomunikasian Indonesia Rudolf P. Nainggolan mengatakan, prospek bidang usaha menara kemudian fiber provider masih cukup baik ke depan. GHON juga mengamati masih banyak prospek untuk bertumbuh. 

“Kami akan melanjutkan pengembangan peningkatan colocation terhadap tower yang dimaksud telah ada lalu melanjutkan peningkatan Fiber dari Tower ke Tower. Serta akan bertumbuh dinamis pada pertumbuhan  Fiber to the Home,” katanya. 

Saat ini panjang fiber yang mana telah terjadi terpasang sudah ada sekitar 1.500 km. Dari sisi jumlah keseluruhan tenant, pada waktu ini GHON telah lama mempunyai sebanyak 1.670. Sampai akhir tahun ini, GHON mencatatkan total peningkatan tenant naik 80-98 tenant. 

Dengan rencana perusahaan yang mana disiapkan untuk memacu pertumbuhan tower juga fiber, GHON pun berusaha mencapai peningkatan pendapatan sekitar 7-10%. Sementara laba bersih juga diharapkan naik 7% di area tahun 2024 mendatang. 

Melalui laporan keuangannya, sampai dengan kuartal III-2023 GHON membukukan pendapatan Rupiah 150,9 miliar atau naik dari periode yang digunakan identik sebelumnya Rupiah 138,1 miliar. 

Pendapatan GHON di dalam topang dari beberapa operator besar yakni PT XL Axiata Tbk (EXCL) sebesar Rupiah 58,7 miliar atau naik dari sebelumnya Mata Uang Rupiah 52,4 miliar di dalam kuartal III-2022.

Kemudian dari PT Indosat Tbk (ISAT) sebesar Rupiah 52 miliar, dari PT Telekom Seluler Simbol Rupiah 20,4 miliar serta dari PT Smartfren Telcom Tbk Simbol Rupiah 15,5 miliar. 

Sementara beban pokok pendapatan merosot 9,3% menjadi Rupiah 36,4 miliar dari Simbol Rupiah 40,14 miliar. Sehingga laba bruto yang mana dihasilkan yakni Simbol Rupiah 114,6 miliar di dalam kuartal III-2023. 

Sehingga laba bersih tahun berjalan yang digunakan dihasilkan GHON mencapai Mata Uang Rupiah 74,1 miliar atau naik 20% dari Mata Uang Rupiah 61,7 miliar di area kuartal III-2022. 

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *