Hati-hati, Pria yang dimaksud Suka Menahan Kencing Berisiko Alami Peradangan Prostat

Hati-hati, Pria yang tersebut dimaksud Suka Menahan Kencing Berisiko Alami Peradangan Prostat

www.breaknews.web.id – Kelenjar prostat adalah organ pada sistem reproduksi pria yang mana berperan di proses produksi sperma. Seiring bertambahnya usia, risiko mengalami peradangan kelenjar prostat atau prostatitis akan meningkat. 

Spesialis urologi Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) dr Hilman Hadiansyah menjelaskan apabila kondisi ini dapat terjadi pada setiap pria, lebih lanjut banyak pada usia pada bawah 50 tahun. Ia melanjutkan, 8,2 persen pria akan mengalami prostatitis di hidupnya.

Penyebabnya sendiri cukup beragam, salah satunya adalah menahan kencing alias buang air kecil yang kerap diadakan pria lantaran beberapa faktor, mulai dari kesibukan, hingga terlalu lama pada pada perjalanan. 

“Penyebab paling rutin itu infeksi bakteri. Misalnya banyak menahan buang air kecil, ini banyak terjadi pada pasien yang di area perjalanan berjauhan kena macet, habis itu buang air kecil perih. Kemudian misalnya trauma pada area pelvis atau selangkangan,” jelasnya di acara bersatu media di tempat kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (20/12/2023).

Untuk itu, dr Hilman pun menghimbau, ketika kandung kemih terasa penuh serta sudah ada muncul keinginan buang air kecil, maka sebaiknya segeralah ke kamar mandi agar terhindar dari risiko prostatitis.

“Karena kalau banyak menahan buang air kecil dalam situ akan terjadi kolonisasi bakteri. Urine itu sebaiknya first in first out tapi kalau stagnan di area kandung kemih apalagi terjadi penekanan di tempat area selangkangan, duduk lama, daya tahan tubuh lagi turun itu dapat terkena prostatitis,” jelas Hilman.

Peradangan pada kelenjar yang tersebut disebabkan oleh sebab itu bakteri ini, bisa jadi berlangsung kurang dari tiga bulan atau akut kemudian lebih lanjut dari tiga bulan atau kronis.

Gejala prostatitis sendiri, lanjut ia cukup khas. Di mana biasanya pria merasakan tak nyaman kemudian nyeri di area bagian di paha hingga anus, namun sulit untuk menunjuk secara segera lokasinya. 

Nyeri pada area selangkangan, mulut zakar, kemudian sensasi seperti terbakar pada ujung kepala penis ketika buang air kecil termasuk pada antaranya. Selain itu, mereka itu yang dimaksud mengalami prostatitis juga biasanya akan diciptakan di area waktu malam hari pada waktu tidur untuk buang air kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *