Kiprah Band NOAH yang Resmi Pamit dari Industri Musik

Kiprah Band NOAH yang mana Resmi Pamit dari Industri Musik

www.breaknews.web.id – Jakarta –  Grup band Indonesia, NOAH, resmi mengumumkan hiatus atau istirahat panjang dari lapangan usaha musik Tanah Air. Pengetahuan ini dibagikan band yang dimaksud di tempat unggahan terbaru media sosial Instagram resminya pada Senin, 1 Januari 2024 lalu, bertepatan dengan momen tahun baru. Band yang digunakan sudah eksis sejak 2012 itu pun pamit undur diri.

“Selamat Tahun Baru 2024 untuk kita semua. Sahabat. Terima kasih untuk segala-galanya selama ini. Terima kasih berhadapan dengan setiap dukungannya terhadap karya-karya kami, bahkan terhadap setiap individu yang tersebut ada di area NOAH. Kami akan merindukan setiap apresiasi kalian serta kami akan terus-menerus mengingatnya,” tulis keterangan di tempat unggahan video Instagram Noah.

Sebelumnya, vokalis NOAH–Ariel–telah mengungkapkan rencana istirahatnya ketika mengadakan konser The Great Journey of NOAH di area Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta, pada Ahad, 3 Desember 2023. Dia mengungkapkan bahwa konser itu tidak cuma sebagai penutup dari rangkaian konser grupnya, tetapi juga menjadi penampilan terakhir dia sebelum memasuki masa hiatus panjang.

“Nggak terasa, waktu kami sendiri menemani musik Indonesia sudah ada 22 tahun. Mungkin itu tidak ada terlalu lama. Cuma kayak-nya kami butuh waktu untuk istirahat,” kata Ariel.

Apabila dikalkulasikan sejak band yang dimaksud bernama Peterpan, maka NOAH telah dilakukan berkarier dalam lapangan usaha musik Indonesia selama 22 tahun. Oleh lantaran itu, wajar apabila merek memutuskan untuk mengambil jeda istirahat. Menurut Ariel, waktu hiatus mereka itu kemungkinan besar akan berlangsung selama dua hingga tiga tahun.

“Teman-teman, ini mungkin saja terakhir kita bertemu, lantaran kami akan libur panjang (hiatus). Mungkin dua tahun, tiga tahun,” ucap Ariel.

Lantas, bagaimana profil band NOAH yang resmi hiatus dari sektor musik Indonesia? Simak rangkuman informasi selengkapnya berikut ini.

Profil NOAH

Band NOAH tak bisa jadi dilepaskan dari Band Peterpan yang digunakan telah lama terbentuk sejak tahun 2000 silam. Saat itu, Peterpan beranggotakan enam orang personel, yakni Ariel (vokal, gitar, tamborin), Andika (keyboard), Indra (bass), Lukman (gitar utama), Uki (gitar ritme), lalu Reza (drum, perkusi).

Meski sudah pernah dibentuk sejak tahun 2000, namun Peterpan baru resmi berkarier dalam bidang musik Indonesia pada 2002. Saat itu lagu merek yang mana berjudul ‘Mimpi yang digunakan Sempurna’ berhasil menarik perhatian dari label musik Musica Studio’s. Setahun kemudian, merek pun merilis album studio pertamanya yang dimaksud bertajuk Taman Langit.

Berhasil menjajaki tangga kesuksesan, pada 2006 Andika lalu Indra memutuskan untuk pergi dari dari grup. Ariel dan juga teman-temannya pun memutuskan untuk tiada lagi menggunakan nama Peterpan. Mereka resmi melepas nama itu pada 2009, setelahnya merilis album Sebuah Nama, Sebuah Cerita kemudian mengangkat David sebagai anggota baru.

Pada 2 Agustus 2012, Ariel, Lukman, Uki, Reza, kemudian David akhirnya mengumumkan nama baru pengganti Peterpan. Mereka memilih nama NOAH yang digunakan menurut Ariel telah dilakukan ada sejak dua setengah tahun sebelum pengumuman resmi tersebut. Saat itu, NOAH bukanlah satu-satunya pilihan, lantaran ada beberapa nama lain yang diusulkan dari masing-masing personel.

Meski begitu, NOAH akhirnya menjadi pilihan mereka. Pernyataan pergantian nama baru itu sempat tertunda beberapa tahun lantaran Ariel yang mana harus menghadapi permasalahan hukum. Namun, alih-alih membubarkan band, para personel justru setia menanti Ariel bebas untuk kembali berkarya. 

Setelah resmi menjadi Noah, grup musik ini merilis album baru bertajuk Seperti Seharusnya pada 22 September 2012. Album ini merupakan album pertama dia pasca vakum selama dua tahun. Sebelumnya, Noah sendiri sudah pernah mengeluarkan album instrumental bertajuk Suara Lainnya juga buku Kisah Lainnya.

Pada 22 Desember 2014, NOAH mengadakan konferensi pers untuk mengumumkan bahwa Reza akan pergi dari dari grup per 1 Januari 2015. Sebelum itu, Reza terlibat menggarap album Second Chance NOAH, album terakhirnya bersatu band yang telah terjadi dibangunnya sejak tahun 2000 itu.

Lima tahun pasca kepergian Reza, NOAH kembali ditinggal oleh personilnya. Kali ini, sang gitaris yang dimaksud akrab disapa Uki yang digunakan memutuskan untuk meninggalkan band tersebut. Melalui akun Instagram pribadinya, Uki bahkan membagikan kenangan tentang persahabatannya dengan Ariel yang telah lama terjalin selama 24 tahun.

Saat ini, NOAH hanya sekali beranggotakan tiga orang personel. Mereka adalah Ariel, yang tersebut bertanggung jawab pada vokal, gitar, serta tamborin; David pada keyboard; juga Lukman sebagai gitaris utama.

RADEN PUTRI| INTAN SETIAWANTY| P2K.STEKOM.AC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *