Kunto Aji Bagikan Metode Kilat serta Tepat Hitung Suara Pemilihan Umum 2024 di area TPS Wilayahnya Bertugas

Kunto Aji Bagikan Metode Kilat dan juga Tepat Hitung Suara Pemilihan Umum 2024 di tempat area TPS Wilayahnya Bertugas

www.breaknews.web.id – Jakarta — Penyanyi, Kunto Aji membagikan metode cepat pada proses penghitungan ucapan pada waktu jadi bagian petugas TPS pada Pemilihan Umum 2024. Ya, artis Tanah Air yang disebutkan bergerak mengunggah momennya ketika berpartisipasi sebagai Linmas KPPS.

Berdasarkan pengalamannya sebagai petugas TPS di dalam wilayah rumahnya, menurut Kunto hal yang mana memproduksi lama adalah proses penghitungan ucapan dengan skema yang dimaksud tak efektif. “Setelah berkali-kali menghitung (termasuk penghitungan ulang), akhirnya team kami menemukan sebuah metode cepat lalu tepat, dengan screening yang mana berlapis. Membutuhkan 5-6 orang aktif. Hanya 30-45 menit untuk 1 kotak suara,” tulis Kunto Aji pada akun Twitter/X pribadinya pada Selasa, 20 Februari 2025.

Metode Segera dan juga Tepat Penghitungan Suara dalam TPS Kunto Aji

Lewat cuitan dalam utasnya, Kunto Aji menjelaskan apa semata metode yang tersebut dipakai oleh TPS tempatnya bertugas. Ada enam orang yang tersebut jadi hal penting agar proses penghitungan suara. Masing-masing orang ini miliki tugas tersendiri. Mulai dari kertas dibuka hingga ucapan dicatat oleh petugas. Pertama adalah orang yang tersebut bertugas sebagai pembuka kertas suara.

Yang terlihat sepele tapi mampu menghemat berbagai sekali waktu, ada petugas yang dimaksud terlebih dahulu membukakan lipatan surat suara, untuk diserahkan ke petugas 2. Hal ini terbukti memangkas sejumlah waktu,” tulisnya.

2) Petugas screening awal. Hal ini petugas kedua yang tersebut memegang surat suara, tugasnya adalah menentukan di tempat titik mana terdapat lubang, partai berapa dan juga caleg nomer berapa.” Bagian ini dijalankan dengan teknik bolak-balik. Sebab menurut penjelasan Kunto Aji, bagian belakang kertas ucapan yang dimaksud berwarna putih lebih lanjut mudah terlihat lubang. Setelah itu, petugas kedua menyerahkan ke petugas ketuga sambil membisikan partai kemudian caleg nomor berapa.

Selanjutnya, ada petugas ketiga yang mana fokus membacakan surat suara. Petugas ini meyakinkan lubang berada di area titik tang sesuai dengan screening cepat dan juga menujukka surat pernyataan untuk saksi serta panwaslu. Di tahap ini petugas juga meneriakkan hasil lalu menjamin bahwa surat pendapat sah.

Format penyebutan hasil agar efektif kemudian efisien waktu: (Nomor partai) + (Nomor caleg) / (tanpa caleg: cuma untuk partai) + nama depan caleg. Contoh: “4, 5, Budiono” = Partai 4, clarg nomer 5, Budiono,” tulis Kunto Aji.

Cegah Kesalahan juga Atasi Kelelahan

Keempat ada petugas pencatat yang tersebut bersiap di sikap usai mendengar bisikan dari petugas 2. Tahap ini terjadi sanbil mengantisipasi kata sah dari saksi lalu petugas ketiga. Untuk meminimalisasi kesalahan juga mengatasi kelelahan, petugas ini bisa jadi berjumlah 2 orang dengan masing-masing membawahi sekirar 10 partai.

Berlanjut ke petugas pelipat kertas suara, “Petugas ke-5, terlihat sepele, tapi dapat menghemat banyak waktu. Screening surat pengumuman yang terakhir, sembari melipat lalu memisahkan surat ucapan SAH lalu yang mana tidaklah sah.”

Terakhir ada petugas keenam yang tersebut menjadi pengawas. Petugas terakhir ini duduk dengan barisan saksi juga panwaslu. “Tugasnya melakukan konfirmasi surat pendapat sah dengan pencoblosan yang dimaksud benar sama-sama petugas 3 lalu menjamin pencatatan di tempat kolom yang mana benar oleh petugas 4,” tulis Kunto Aji. Menurut pengakuan sang penyanyi, sistem yang disebutkan minim kesalahan. “Paling bukan efektif serta efisien di dalam proses penghitungannya,” tulisnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *