Travel  

Lautan Orang Penuhi Berbagai Titik Yogyakarta Saat Waktu senja Pergantian Tahun Baru

Lautan Orang Penuhi Berbagai Titik Yogyakarta Saat Waktu senja Pergantian Tahun Baru

www.breaknews.web.id – Yogyakarta –  Lautan manusia tumplek blek dalam berbagai titik Daerah Perkotaan Yogyakarta ketika di malam hari pergantian tahun baru, Mulai Pekan 1 Januari 2024 pukul 00.00 WIB. Pantauan Tempo pada Hari Minggu petang, 31 Desember 2023, publik paling sejumlah memadati kawasan seperti Titik Nol Kilometer, Malioboro, serta Tugu Yogyakarta. 

Cuaca Bersahabat Sambut Tahun Baru 2024

Cuaca pada Perkotaan Yogyakarta cukup cerah pada waktu waktu malam pergantian tahun baru walaupun tepat sehari sebelumnya, 30 Desember, hujan semalaman mengguyur area perkotaan. Di Titik Nol Kilometer atau yang menjadi ujung jalan Malioboro, lautan manusia telah tampak berjubel sekitar pukul 22.00 WIB.

Jalur jalur bagi kendaraan bermotor menuju Titik Nol Kilometer pun sudah ada mulai dialihkan oleh petugas kepolisian lalu dinas perhubungan. Seperti akses dari Jalan KH Ahmad Dahlan (depan PKU), Jalan Senopati, juga Jalan Pangurakan (dari Alun Alun Utara).

Adapun akses dari Jalan Malioboro ditutup dari kendaraan bermotor lebih besar awal yakni sekitar pukul 18.00 untuk car free night. Tak kalah padatnya dengan kawasan Tugu Yogyakarta. Kawasan itu mulai berjejal manusia sekitar pukul 22.30 Waktu Indonesia Barat juga arah kendaraan bermotor dari berbagai ruas dialihkan secara berlapis.

Akses Menuju Tugu Yogyakarta Ditutup

Seperti dari Jalan Jenderal Sudirman, kendaraan dari timur tak dapat ke barat mulai simpang Galeria atau depan Bethesda. Begitupun di dalam simpang Gramedia, arus dari utara (bundaran UGM) juga belaka dapat ke selatan menuju Stadion Kridosono. Tak bisa jadi ke arah barat menuju Tugu. Akses menuju Tugu juga tertutup dari Simpang Jetis kemudian Jalan Diponegoro sebab padatnya warga di dalam kawasan itu.

Kawasan Titik Nol Kilometer dipadati pengunjung ketika waktu malam pergantian tahun Mingguan 31 Desember 2023. Tempo/Pribadi Wicaksono.

Masyarakat mulai berangsur membubarkan diri sekitar pukul 00.30 Waktu Indonesia Barat pasca menyaksikan pesta kembang api di tempat berbagai titik. Meski di area berbagai titik menuju Tugu maupun Titik Nol Kilometer juga berlangsung pesta kembang api, namun belum tampak menyurutkan publik berbondong bondong mendatangi dua titik favorit di tempat Perkotaan Yogyakarta itu.

Pesta Kembang Api di dalam Titik Nol Kilometer

Misalnya saja, pada barat Titik Nol Kilometer, persisnya pada simpang depan Terminal Ngabean, pihak Hotel Cavinton menyelenggarakan pesta kembang api pada waktu detik detik pergantian. Lalu di area selatan Titik Nol, pesta kembang api juga diselenggarakan di dalam kawasan Alun Alun Selatan lalu serupa identik dipadati warga.

Penjabat Wali Perkotaan Yogyakarta Singgih Raharjo menuturkan menyambut di malam hari pergantian tahun ini pihaknya menambah petugas kebersihan pada kawasan Tugu, Malioboro, serta Keraton atau Gumaton untuk membereskan sampah yang dimaksud diprediksi meningkat. Sebab pada hari biasa saja, produksi sampah harian di area kawasan itu mencapai 1,5-2 ton perhari.

“Tambahan personel petugas kebersihan ini mulai bekerja sebelum pagi hari tiba (saat pergantian tahun), sehingga esok harinya kawasan-kawasan yang dipadati penduduk telah mampu bersih dari sampah juga wisatawan kembali nyaman,” kata dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *