Mamah Dedeh Angkat Bicara Soal Hukum Mantu Ogah Urus Mertua, Opini Irfan Hakim Langsung Disorot Warganet

Mamah Dedeh Angkat Bicara Soal Hukum Mantu Ogah Urus Mertua, Opini Irfan Hakim Langsung Disorot Warganet

www.breaknews.web.id – Mamah Dedeh berbicara tentang hukum menantu yang tak bersedia mengurus mertua. Komentar Irfan Hakim rupanya menyulut emosi warganet.

Dalam acara Siraman Qolbu, Mamah Dedeh dicurhati tentang menantu yang tersebut meninggalkan suami akibat ogah mengurus mertua yang dimaksud sudah ada berusia lanjut.

Alih-alih menyalahkan si menantu, Mamah Dedeh tambahan dulu menjelaskan tentang kewajiban anak terhadap orangtua.

“Yang namanya mengurus orangtua, ngurus mertua, itu kewajiban. Cuman, si mertua ini punya anak berapa orang? Itu masalahnya,” kata beliau seperti disitir pada Hari Sabtu (30/12/2023).

“Kalau semata-mata satu mantu yang mana nggak ngurus mertua, apa anak yang tersebut dilahirkan nggak mau ngurusin? Apa mantu yang tersebut lain nggak mau ngurusin? Itu pertanyaannya,” lanjut ustazah berusia 72 tahun itu.

Penceramah Mamah Dedeh (Instagram/mamahdedeh_officialaccount)
Penceramah Mamah Dedeh (Instagram/mamahdedeh_officialaccount)

Mamah Dedeh kemudian menanyakan jumlah total anak dari mertua yang digunakan dimaksud. Ketika dijawab tiga, Mamah berkata tiga-tiganya mempunyai kewajiban untuk mengurus orangtua mereka.

“Anaknya, menantunya, cucunya, wajib mengurus. Jangan cuma menyalahkan satu orang doang,” kata pemilik nama asli Dede Rosidah tersebut.

“Karena itu orangtua rame-rame, dirawatnya juga rame-rame. Misalnya, di dalam rumah anak yang digunakan ini seminggu,” ujarnya.

Irfan Hakim menyela untuk menyampaikan opininya. Menurut Irfan, si menantu keterlaluan dikarenakan meninggalkan suami belaka oleh sebab itu tak ingin merawat mertuanya.

“Kalau sampai ninggalin suaminya, sampai nggak mau ngurusin mertua itu keterlaluan itu menurut saya mah,” tuturnya.

Menurut Mamah Dedeh, Irfan Hakim tak boleh dengan syarat mengambil kesimpulan lantaran mungkin saja ada berbagai faktor yang mana mempengaruhi langkah si menantu.

“Sebentar dulu, belum tentu. Nggak sanggup kamu nyalahin begitu. Maaf, boleh jadi mertuanya dulu nyebelin sebelum beliau sakit, boleh jadi saudara-saudara yang dimaksud lainnya nyebelin, selalu menyalahkan dia,” tandas Mamah Dedeh.

“Dia dihina lalu seterusnya. Ada faktor X di dalam belakangnya. Nggak mungkin saja ada asap kalau nggak ada api. Tidak kemungkinan besar kabur kalau nggak ada masalah,” lanjutnya.

Irfan Hakim, salah satu artis yang tersebut kebanjiran job ketika bulan Ramadan (Instagram/@irfanhakim75)
Irfan Hakim, salah satu artis yang digunakan kebanjiran job ketika bulan Ramadan (Instagram/@irfanhakim75)

Irfan Hakim bersikukuh pada keyakinannya. Bahkan ia menolak untuk membujuk istrinya kembali andai berada di tempat kedudukan suami.

“Ah tapi kalau saya jadi suaminya nggak akan disusul, biarin aja,” ucapnya.

Warganet mengoreksi Irfan Hakim menghadapi komentarnya yang mana dinilai red flag.

“Mas Irfan suka ngejudge duluan tanpa meninjau dari sudut pandang si istri. Benar kata mamah Dedeh. Gak akan ada asap kalau gak ada api. Mas Irfan ini contoh dari orang yang kalau mengamati keberadaan orang lain, gak ngerti seluk beluknya gimana dengan syarat salahin aja yang mana kelihatannya salah,” kritik akun @@iam_yan__.

“Udah bener cing Abdel malah diganti. Gak sopan banget, Mamah Dedeh ngasih pendapat terus macam didebat gitu. Merasa lebih tinggi berilmu apa gimana?” ujar akun @rainoors.

Kontributor : Chusnul Chotimah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *