OJK Cabut Izin Usaha Sejumlah Multifinance Sepanjang 2023, Ini adalah Kata APPI

OJK Cabut Izin Usaha Sejumlah Multifinance Sepanjang 2023, Hal ini adalah Kata APPI

www.breaknews.web.id –  Sepanjang 2023, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tercatat sudah mencabut izin bisnis (CIU) beberapa orang perusahaan pembiayaan.

Adapun perusahaan pembiayaan yang tersebut dicabut izin usahanya adalah PT Woka International, PT Bentara Sinergies Multifinance (BESS Finance), PT Emas Pers ada Finance, PT Century Tokyo Leasing Indonesia, PT Al Ijarah Indonesia Finance, hingga PT Hewlett Packard Finance Indonesia. 

Mengenai beberapa perusahaan yang dicabut izinnya, Asosiasi Organisasi Biaya Indonesia (APPI) menilai ada sejumlah alasan sebelum OJK mencabut izin usaha.

Ketua Umum APPI Suwandi Wiratno menyampaikan proses pencabutan itu tentu telah melalui tahapan. 

“Memang banyak akibat melakukan kesalahan permodalan yang dimaksud tergerus atau kerugian akibat perusahaan pembiayaan tersebut. Kerugiannya disebabkan kredit portofolio yang mana tidak ada sehat lalu akhirnya dia harus menghapus buku. Dengan menghapus buku sehingga beliau mengalami kerugian serta menyebabkan permodalan turun,” ucapnya untuk Kontan.co.id, Selasa (2/1).

Suwandi mengatakan, tak semua perusahaan yang digunakan izinnya dicabut karena alasan permodalan, ada juga akibat pelanggaran aturan OJK lainnya yang cukup berat. Dia bilang OJK yang tersebut tambahan memahami pelanggaran tersebut. 

“OJK tentu sudah ada memberikan surat peringatan tegas pertama 1 hingga akhirnya dicabut izin usaha. Ada juga PKU. Jadi, selama proses itu sebenarnya perusahaan pembiayaan diberikan waktu untuk membenahi. Kalau tak sanggup membenahi, tentu diberikan opsi mengatasi izin atau dicabut izinnya apabila sudah ada habis waktunya,” katanya.

Suwandi menambahkan perusahaan pembiayaan tentunya punya kewajiban untuk melaporkan laporan keuangan untuk OJK. Nantinya OJK akan memantau juga dari hal itu. Jika ditemukan pelanggaran dari laporan tersebut, OJK tentu akan menyurati perusahaan terkait. 



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *