Penyaluran Modal UMKM BSI Hingga Maret 2024 Capai Simbol Rupiah 46,62 Ribu Miliar

Penyaluran Modal UMKM BSI Hingga Maret 2024 Capai Simbol Rupiah 46,62 Ribu Miliar

www.breaknews.web.id – . PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berjanji terus menggalang peningkatan usaha mikro kecil dan juga menengah (UMKM) pada Indonesia melalui penyediaan akses pembiayaan syariah.

Hal ini tercermin dari penyaluran pembiayaan UMKM oleh BSI hingga Maret 2024 telah lama terealisasi sebesar Simbol Rupiah 46,62 triliun,  bertambah 12,40% secara tahunan (YoY). 

Direktur Penjualan & Distribusi BSI, Anton Sukarna, mengatakan, BSI senantiasa membidik berbagai potensi di mencapai peningkatan pembiayaan UMKM yang maksimal. 

Dimana penyaluran pembiayaan ketika ini dilaksanakan berdasarkan analisa sektor bidang menarik, antara lain pada segmen SME, BSI fokus pada sektor kesehatan, sektor pendidikan, perkebunan dan juga perdagangan. Sedangkan untuk segmen mikro, BSI fokus pada perdagangan, jasa, lapangan usaha pengolahan, pertanian, juga perkebunan.

“Tren pembiayaan kami ketika ini terus meningkat seiring perkembangan pesat teknologi informasi serta komunikasi juga dampaknya terhadap aktivitas ekonomi, khususnya pada sektor UMKM. Perlu diingat bahwa BSI dengan pelaku UMKM harus selaras sehingga dari sisi aspek digital, keberlanjutan (sustainable), kemudian bankable dapat tercapai akibat menjadi kunci bagi UMKM untuk dapat dengan cepat mengakses layanan perbankan,” jelas Anton untuk kontan.co.id, Kamis (16/5).

Mengingat pentingnya aspek tersebut, BSI terus menggalakkan peningkatan kapasitas UKM agar dapat beradaptasi dengan era digital, baik dari segi kapasitas keuangan maupun akses digital.

Sejumlah inisiatif yang digunakan dilaksanakan BSI, bukan hanya sekali mencerminkan komitmen perseroan di mengembangkan UMKM pada Indonesia, melainkan juga menunjukkan keseriusannya pada menghadirkan solusi modern kemudian sesuai prinsip syariah bagi pelaku UMKM. 

Dimana UMKM memiliki peran sentral dalam di dinamika dunia usaha bangsa. Oleh sebab itu, BSI pastinya berupaya menempatkan fokus khusus pada sektor UMKM untuk memperluas pangsa pangsa perbankan syariah.

BSI berusaha mencapai perkembangan pembiayaan UMKM mencapai double digit melalui berbagai strategi yang digunakan telah lama kemudian akan dijalankan. Modal UMKM  juga BSI berfokus pada bisnis-bisnis yang tersebut tahan (resilience), kuat, kemudian keberlanjutan.

Di samping itu, pembiayaan UMKM juga berfokus pada segmentasi di tempat pembiayaan modal kerja, pembangunan ekonomi perorangan, kemudian badan perniagaan dengan limit pembiayaan hingga Mata Uang Rupiah 25 miliar.

Adapun, pada waktu ini, BSI telah terjadi mendirikan pusat inkubasi UMKM melalui BSI UMKM Center yang dimaksud berlokasi dalam tiga kota yaitu Aceh, Yogyakarta, serta Surabaya. 



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *