QRIS Cross Border Singapura Mulai Berlaku, Ini adalah Harapan ASPI

QRIS Cross Border Singapura Mulai Berlaku, Ini adalah adalah Harapan ASPI

www.breaknews.web.id – Pasca dijalankan uji coba pada 17 Agustus 2023 lalu, Indonesia resmi memperluas QRIS antar negara dengan Singapura. Sistem pembayaran antar negara ini mulai diberlakukan pada hari ini, 17 November 2023.

Dengan adanya perluasan QRIS ini, wisatawan jika Singapura di area Indonesia maupun sebaliknya cukup memindai QRIS merchant untuk melakukan operasi pembayaran.

Ketua Umum Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), Santoso Liem mengungkapkan bahwa QRIS antar negara dengan Singapura ini berpotensi melebihi proses QRIS antar negara yang mana telah berlaku sebelumnya dalam Thailand maupun Malaysia.

Bukan tanpa alasan, ia menyebutkan selama ini wisatawan Indonesia yang dimaksud pergi ke Singapura lebih lanjut tinggi dari dua negara tersebut. Mengingat, proses kartu kredit maupun kartu debit di tempat Singapura juga besar.

“Data uji coba yang dimaksud saya dapat juga terlihat lebih tinggi tinggi ketika uji coba dalam Thailand maupun Malaysia,” ujarnya.¬†

Sayangnya, Santoso belum mau menyebutkan data pasti dari hasil uji coba tersebut. Hanya saja, uji coba QRIS antar negara Singapura belum mencapai 1.000 transaksi.

“Kami optimis ini akan sukses dengan baik dan juga membantu wisatawan jika dua negara,” ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur BI Perry Warjiyo bilang, uji coba merupakan aksi lanjut dari kerja sejenis pembayaran berbasis kode QR antarnegara antara Bank Indonesia dan juga Monetary Authority of Singapore yang sudah diinisiasi pada tahun lalu.

Adapun, konektivitas pembayaran dengan QR Code antara Indonesia juga Singapura akan dapat memfasilitasi perdagangan antarnegara secara lebih besar efisien, khususnya bagi UMKM, dan juga menggalakkan perkembangan sektor pariwisata.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *