Saat Prabowo Hormat lalu Menunduk Kala Melakukan Pertemuan Raja Keraton Yogya

Saat Prabowo Hormat lalu Menunduk Kala Melakukan Pertemuan Raja Keraton Yogya

www.breaknews.web.id – Yogyakarta – Pasangan capes-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto kemudian Gibran Rakabuming Raka menemui Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di dalam Kompleks Kantor Gubernur Kepatihan Yogyakarta Awal Minggu siang, 22 Januari 2024. Usai rapat yang tersebut berlangsung satu jam lebih tinggi mulai pukul 11.30 Waktu Indonesia Barat itu, Prabowo, Gibran, juga Sultan HB X meninggalkan untuk memberikan pernyataan terhadap awak media mengenai hasil pertemuan.

Prabowo Tunduk di area Hadapan Sultan HB X

Saat selesai memberikan pernyataan, Prabowo-Gibran pun berpamitan pulang terhadap Sultan HB X. Prabowo tampak menunduk cukup lama ketika menyalami dengan kedua tangan menelungkup di dalam dadanya untuk Raja Keraton Yogyakarta itu. Baru kemudian Gibran berganti menyalami dan juga berpamitan terhadap Sultan usai Prabowo selesai.

Prabowo mengungkapkan di rapat dengan Sultan itu cuma ingin silaturahmi dengan Raja Keraton Yogyakarta itu  “Kami berterima kasih dapat diterima oleh Ngarso Dalem (Sultan HB X) pada keadaan yang mana baik,” kata Prabowo.

Prabowo menuturkan ia serta Gibran telah dilakukan memohon waktu untuk dapat bertemu Sultan HB X pada masa kampanye pemilihan raya 2024 ini. “Kami belaka ingin sowan (bertamu), melaporkan, minta izin masuk ke wilayah (istimewa Yogyakarta),” kata Prabowo. “Jadi sesuai budaya kita adat kita, kalau masuk suatu tempat, datang, sowan yang dimaksud paling tua, jadi kami mohon izin saja,” kata Prabowo menambahkan.

Prabowo-Sultan HB X Disebut Sahabat Lama

Koordinator Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo Gibran DIY Anton Prabu Semendawai mengungkapkan Prabowo serta Sultan HB X merupakan sahabat lama yang saling menghormati di area manapun bertemu. “Beliau (Prabowo) kemudian Ngarso Dalem (Sultan HB X) sudah ada berkawan baik sejak lama,” kata Anton yang juga Wakil Ketua DPRD DIY sekaligus Bendahara DPD Gerindra DIY itu.

Anton menuturkan di rapat itu, Prabowo-Gibran ingin bersilaturahmi saja. Tujuannya, agar kontestasi urusan politik ini mampu berjalan lancar dan juga aman dan juga damai.

“Dari silaturahmi ini, pak Prabowo, mas Gibran, juga Sultan ingin dengan identik menjaga agar kontestasi urusan politik pemilihan raya 2024 ini dipandang sebagai hal yang digunakan lumrah lalu biasa tiap lima tahun sekali, jangan sampai pemilihan ini menjadi sumber perpecahan bangsa lantaran berbeda pilihan,” ujar Anton.

Ia berharap masyarakat memilih sesuai hati nurani. “Siapa pemimpin yang dianggap terbaik, yang digunakan penting situasi harus tetap saja kondusif mengingat Yogya dipandang sebagai satu barometer perdamaian di tempat Indonesia,” ujarnya.

Adapun Ketua Tim Kampanye Daerah Prabowo Gibran DIY Gandung Pardiman menyatakan pertemuan Prabowo-Gibran dengan Gubernur DIY menunjukkan rasa hormat yang dimaksud tinggi untuk junjungan warga Yogyakarta yang mana sekaligus tokoh nasional. “Pertemuan Prabowo Gibran dengan Sultan bentuk tingginya penghormatan beliau untuk Sultan yang merupakan junjungan lalu panutan kami warga Yogyakarta,” kata Gandung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *