Tekno  

Tahura Trumon, Koridor Taman Nasional Gunung Leuser dengan Suaka Marga Satwa Rawa Singkil

Tahura Trumon, Koridor Taman Nasional Gunung Leuser dengan Suaka Marga Satwa Rawa Singkil

www.breaknews.web.id – Jakarta – Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan mengintensifkan sosialisasi keberadaan Taman Hutan Raya (Tahura) Trumon guna mendapatkan dukungan warga serta para pemangku kepentingan terkait kawasan konservasi itu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Aceh Selatan Teuku Masrizar yang dimaksud dihubungi dari Banda Aceh, Jumat, 17 November 2023, mengatakan keberadaan Tahura Trumon merupakan hasil perjuangan panjang seluruh elemen rakyat pada kabupaten pesisir barat selatan Provinsi Aceh tersebut.

“Berdasarkan perjuangan panjang hal tersebut akhirnya Gubernur Aceh memberikan mandat kepada Pemkab Aceh Selatan mengelola Tahura Trumon. Sebelum Menteri Lingkungan Hidup kemudian Kehutanan menetapkan tahura yang disebut yang digunakan sebelumnya hutan produksi,” kata Teuku Masrizar.

Ia mengatakan Tahura Trumon dengan luas mencapai 1.865 hektare. Tahura itu berada di dalam Kecamatan Trumon, Kabupaten Aceh Selatan, miliki beragam flora juga fauna dilindungi.

Tahura Trumon menjadi koridor antara Taman Nasional Gunung Leuser dengan Suaka Marga Satwa Rawa Singkil. Dua kawasan hal tersebut selama ini menjadi kawasan konservasi dunia sebab mempunyai satwa kunci di dalam antaranya harimau sumatera, gajah sumatera, badak sumatera, orangutan sumatera, lalu lainnya.

“Kami terus menyosialisasikan keberadaan Tahura Trumon guna mendapatkan dukungan rakyat juga para pemangku kepentingan, termasuk organisasi perangkat daerah di tempat Kabupaten Aceh Selatan,” kata Teuku Masrizar.

Teuku Masrizar mengatakan pihaknya juga dalam waktu dekat ini membentuk tim penyusun dokumen rencana pengelolaan Tahura Trumon selama 20 tahun. Selanjutnya, rencana pengelolaan diajukan kepada kementerian terkait guna mendapatkan persetujuan lalu penetapannya.

Kemudian, beberapa materi dari rencana pengelolaan menjadi substansi untuk qanun atau peraturan daerah. Qanun itu akan menjadi dasar hukum bagi pemerintah daerah mengucurkan pembiayaan terhadap pengelolaan Tahura Trumon.

“Kami berharap semua bisa jadi tuntas dua tahun ke depan. Target kami, pengelolaan Tahura Trumon ini mampu efektif pada 2025. Tahura yang nantinya dijadikan pusat konservasi serta penelitian fauna juga flora,” kata Teuku Masrizar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *