Travel  

Terlibat Kecalakan pada Bandung, Hal ini Profil KA Turangga

Terlibat Kecalakan pada Bandung, Hal ini Profil KA Turangga

www.breaknews.web.id – Jakarta – Kereta Api atau KA Turangga terlibat tabrakan dengan Kereta Lokal Bandung Raya di tempat Bandung, Jawa Barat, Jumat, 5 Januari 2024. Kecelakaan yang disebutkan menyebabkan empat korban jiwa. 

Profil KA Turangga

KA Turangga adalah kereta api kelas eksekutif satwa yang digunakan dioperasikan PT Kereta Api Indonesia (Persero) di dalam Pulau Jawa dengan jurusan Bandung-Surabaya Gubeng lalu sebaliknya. 

Berdasarkan data Grafik Perjalanan Kereta Api pada Jaringan Jalur Kereta Api Nasional di area Jawa Tahun 2023, KA Turangga tercatat menempuh jarak sejauh 696 kilometer pada waktu sekitar 10 jam 17 menit.

Kereta api ini memiliki waktu keberangkatan dari stasiun awal pada di malam hari hari serta tiba di area pagi hari di tempat stasiun akhir. Sepanjang perjalanannya, KA Turangga berhenti dalam beberapa stasiun, seperti Stasiun Cipeundeuy, Tasikmalaya, Banjar, Kroya, Kutoarjo, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Nganjuk, Jombang, kemudian Mojokerto.

Asal usul KA Turangga

KA Turangga mulai beroperasi sejak 1 September 1995. KA ini awalnya diresmikan dengan kelas kegiatan bisnis juga eksekutif. Namun, sejak1999, semua rangkaiannya diubah menjadi eksekutif satwa.

Nama Turangga diambil dari nama lain kuda tunggangan para raja atau bangsawan di tempat Jawa yang mana melambangkan kendaraan yang dapat melaju dengan kencang di berbagai keadaan.

BAGUS PRIBADI

Kecelakaan KA Turangga serta Commuter Line Bandung Raya, KNKT Kumpulkan Angka kemudian Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *