Travel  

Tidur Terganggu Saat Penerbangan Jarak Jauh? Ketahui Jet Lag lalu Cara Mengatasinya

Tidur Terganggu Saat Penerbangan Jarak Jauh? Ketahui Jet Lag lalu Cara Mengatasinya

www.breaknews.web.id – Jakarta – Jet lag adalah gejala yang mana seringkali dialami oleh para traveler pasca melintasi perbedaan zona waktu yang dimaksud signifikan pada penerbangan jarak jauh.

Saat penerbangan, jet lag dapat menjadi tantangan yang tersebut mengganggu kemampuan fisik dan juga kenyamanan. Ketika ada ketidaksesuaian antara masukan waktu dari lingkungan kemudian pengaturan jam tubuh, itulah yang menyebabkan jet lag.

Dikutip dari Everydayhealth, jet lag mengacu pada ketidakselarasan jam internal tubuh dengan waktu setempat di dalam tempat tujuan. Fenomena ini terjadi ketika terbang melintasi tiga zona waktu atau lebih besar lalu cenderung menjadi lebih banyak buruk dengan semakin banyaknya zona waktu yang mana dilintasi selama penerbangan.

Ada sejumlah jam dalam pada tubuh yang mana mengatur banyak fungsi, dan juga semuanya ingin berada pada ritme. Kita miliki jam sirkadian pusat di dalam otak, kemudian setiap sel di tubuh mempunyai jamnya sendiri. Jam ini mengatur suhu tubuh, metabolisme, produksi kemudian pelepasan hormon, juga sejumlah fungsi penting tubuh lainnya.

Semakin besar perpindahan waktu, semakin besar ketidakselarasan serta kebingungan. Dilansir dari SleepFoundation, jam beroperasi di siklus terang-gelap 24 jam, kemudian bergantung pada sinar matahari alami juga isyarat seperti tidur lalu waktu makan agar tetap saja pada jalurnya.

Ketika berpindah dari satu zona waktu ke zona waktu lainnya pada waktu penerbangan terjadi ketidakselarasan yang dimaksud menciptakan kebingungan internal. 

Jam sirkadian membutuhkan waktu sekitar 1-1,5 hari untuk beradaptasi per zona waktu yang mana dilintasi.

Bagaimana cara menghindari jet lag?

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), banyak tips praktis dapat diadakan sebelum serta selama penerbangan untuk membantu mengempiskan gangguan tidur dan juga kelelahan perjalanan.

Sebelum Perjalanan

Beberapa hari sebelum melakukan perjalanan, sesuaikan jam alami tubuh dengan zona waktu di area tempat tujuan agar terbiasa dengan inovasi waktu. Jika bepergian ke barat, tidurlah satu atau dua jam lebih besar lambat dari biasanya, pada waktu ke timur, tidurlah satu atau dua jam lebih banyak awal dari biasanya. Ciri jet lag lain biasanya adalah sakit perut, makan di porsi kecil sebelum bepergian dapat membantu mengatasinya 

Selama Perjalanan

Jika bepergian ke zona waktu yang tersebut berbeda lebih banyak dari 3 jam dari zona waktu normal, ikuti rutinitas tidur kemudian bangun pada tujuan ketika tiba. Makanlah pada porsi kecil untuk menghindari sakit perut atau hambatan lainnya.

Hindari minuman beralkohol lantaran mengganggu tidur. Gunakan kafein dan juga berolahraga agar masih waspada sepanjang hari, namun usahakan hindari pada di malam hari hari. Jika mengantuk di area siang hari, tidurlah sekitar 15-20 menit, untuk membantu merasa lebih banyak baik pada siang hari, namun tetap memperlihatkan tidur di tempat waktu malam hari. Itulah sederet mengurangi jet lag.

Pilihan editor: Tips Mengatasi Jet Lag Setelah Penerbangan Panjang ala Petinggi Emirates

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *